Manfaat dan Khasiat Daun Binahong

Binahong adalah tanaman yang berasal dari Korea dan sudah dikenal sebagai tanaman obat di negara asalnya semenjak ratusan tahun yang lalu. Di Indonesia sendiri Binahong masih baru-baru ini saja dijadikan sebagai obat alternatif untuk berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan maupun penyakit yang berat.

khasiat daun binahong

Di negara Cina tanaman Binahong juga dikenal dengan nama Dheng San Chi. Umumnya masyarakat di Cina juga sudah mengenal tanaman Binahong sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit semenjak ratusan tahun yang lalu.

Adapun bagian tumbuhan Binahong yang paling sering digunakan sebagai ramuan obat adalah bagian batang, umbi, dan juga daunnya. Tetapi yang paling sering digunakan untuk ramuan obat adalah bagian daun Binahong.

Kandungan Kimia Binahong

Kandungan kimia apa saja yang terdapat pada daun Binahong sehingga disebut-sebut dapat menyembuhkan beragam penyakit, baik penyakit ringan dan juga penyakit berat? Penelitian terbaru yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari FMIPA UNY, menemukan bahwa daun Binahong memiliki kandungan antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang cukup tinggi.

Pengolahan daun Binahong untuk dijadikan obat alami atau obat tradisional biasanya dilakukan dengan cara mencuci daun terlebih dahulu hingga bersih, kemudian daun yang sudah bersih dicampur dengan air. Selanjutnya daun Binahong yang sudah dicampur dengan air diremas-remas kemudian air yang didapatkan disaring dan sudah dapat langsung dikonsumsi.

Khasiat daun Binahong
Dari berbagai informasi yang bisa didapatkan di internet, menyebutkan bahwa daun Binahong terbukti dapat mengobati dan mencegah berbagai penyakit. Diantara penyakin yang bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi daun binahong adalah sebagai berikut:
  • Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus.
  • Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
  • Mencegah stroke, maag, asam urat.
  • Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
  • Wasir (ambeien)
  • Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
  • Diabetes dll.
  • Sariawan berat.
  • Pusing-pusing.
  • Sakit perut
  • Mimisan
  • Gatal-Gatal
  • Penghangat Badan
Demikianlah sekilas informasi tentang khasiat daun Binahong. Bagi anda yang memiliki informasi lebih lanjut terkait manfaat dan khasiat daun Binahong bisa juga ikut berpartisipasi untuk menyempurnakan artikel ini dengan cara menyampaikan penadapat Anda melalui kolom komentar yang tersedia.
 

Khasiat Dan Manfaat Binahong paling sering diguakan untuk mengobati luka baru, dan untuk memar akibat benturan, ini yang pernah saya alami sendiri ketika tangan kena benturan palu, ayah saya meremas daun binahong lalu menempelkan pada luka memar, anehnya pada luka memar akibat kena palu tadi tidak menjadi panas dan darah tidak kemudian beku. Binahong juga sering digunakan pada ibu setelah melahirkan, katanya sebagai penambah vitalitas atau memulihkan tenaga.
Nah untuk lebih detail mengenai Khasiat Dan Manfaat Binahong, maka kali ini blog dokter berbagi informasi yang kami kumpulkan dari berbagai nara blog sebagai berikut.
Khasiat Dan Manfaat Binahong Untuk Penyakit Berat
  • Batuk/muntah darah : gunakan 10 lembar daun binahong rebus dalam 2 gelas sisakan 1 gelas, minum tiap hari
  • Paru-paru/bolong : 10 daun binahong direbus lalu dikonsumsi secara rutin
  • Kencing manis : 11 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Sesak nafas : 7   lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Borok akut(menahun) : 12 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Patah tulang : 10-20 lb    daun  binahong diminum setiap hari
  • Darah rendah : 8   lembar daun  binahong  diminum setiap hari
  • Radang ginjal   : 7   lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Gatal-gatal /eksim kulit : 10-15 lb     daun binahong diminum setiap hari
  • Gegar otak ringan/berat : 10 lembar daun binahong diminum setiap hari.
Khasiat Dan Manfaat Binahong Untuk Penyakit Ringan
  • Disentri/buang air besar  : 10 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Ambeyen berdarah   : 16 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Hidung mimisan         :   4 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Habis bedah/operasi : 20 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Luka bakar           : 10 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Kecelakaan/benda tajam  : 10 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Jerawat                 :  8 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Usus bengkak      :  3 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Gusi berdarah     :  4 lembar daun  binahong  diminum setiap hari
  • Kurang nafsu makan :  5 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Kelancaran haid         :  3 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Habis bersalin/melahirkan :  7 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Menjaga stamina tubuh  :  1 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Penghangat badan     :  5 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Lemah syahwat         : 3-10 lb      daun  binahong diminum setiap hari.

16 comments:

  1. Luka dan perdarahan adalah hal yang lazim terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Luka biasanya terjadi akibat terjatuh, terpukul atau tergores benda tajam dan kecelakaan.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, Yunnan Baiyao Group, Co., Ltd. telah memproduksi obat Yunnan Baiyao Kapsul.

    Diproduksi dari bahan obat bernilai tinggi dari Dataran Tinggi Propinsi Yunnan, RRC, yang memiliki sejarah lebih dari 100 tahun, obat ini bisa membantu menghentikan perdarahan, membantu mempercepat proses penyembuhan luka, serta relatif menghilangkan bengkak.

    Sebaiknya, setiap keluarga menyediakan Yunnan Baiyao Kapsul dalam kotak obatnya agar dalam keadaan darurat obat ini selalu siap pakai. Obat ini relatif mudah digunakan, aman, murah, dan dapat dipakai bersamaan dengan obat dokter.

    Apa saja khasiat Yunnan Baiyao Kapsul? Membantu menghentikan perdarahan luka luar dan organ dalam, seperti muntah darah, tukak lambung dan usus, mimisan, buang air besar/kecil berdarah, batuk darah, perdarahan haid berlebihan, keguguran, luka kecelakaan, patah tulang, luka operasi.

    Pada pengobatan luka, obat ini juga berkhasiat meredakan bengkak dan nyeri. Sejak tahun 2000, ditemukan terobosan baru dalam dunia kedokteran bahwa mengkonsumsi Yunnan Baiyao Kapsul pada pasien yang akan menjalani pembedahan, dimulai sejak tiga hari sebelum pembedahan dapat mengurangi sepertiga volume perdarahan, sehingga mengurangi risiko penularan berbagai penyakit melalui tranfusi darah.

    Konsumsi obat ini setelah pembedahan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka operasi, sehingga memperpendek waktu perawatan pasien di rumah sakit.

    Biaya yang harus dikeluarkan pasien berkurang. Dengan bukti ini, maka obat ini telah dipakai secara luas di berbagai rumah sakit besar di RRC. Untuk pemasarannya di Indonesia, PT Saras Subur Ayoe dipercaya sebagai agen tunggal.
    Obat ini telah terdaftar resmi di Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan nomor POM TI 014 301 891

    BalasHapus
  2. yg pasti dimanapun ibu beli pastikan ada logo hologram dr Saras Subur Ayoe..

    BalasHapus
  3. ini contoh ramuan yg dapat di lakukan sendiri:
    1. Rebus saja daunnya sebagai campuran masakan, seperti saat memasak mi instan atau dimakan lalapan. Tapi, jangan lupa untuk mencuci bersih binanhong di air yang mengalir.

    2. Daun, akar, dan batangnya dikatakan bisa memulihkan stamina, meningkatkan vitalitas pria, menyembuhkan luka luar dan dalam. Untuk pemakaian dalam, cuci bersih umbi binahong, rebus, dan saring airnya. Minumlah 2-3 kali sehari untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, dan tifus. Atau, akarnya dikeringkan, ditumbuk halus, lalu masukkan ke dalam kapsul, diminum 3 kali sehari.

    3. Untuk pemakaian luar, daun dan batangnya ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian yang sakit. Efektif menyembuhkan memar, rematik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit.

    4. Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Bila suka, Anda bisa menambahkan sedikit sereh atau gula batu.

    BalasHapus
  4. Yg pasti 7 Kasiat Utama Binahong:
    1. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus.
    2. Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
    3. Mencegah stroke, maag, asam urat.
    4. Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
    5. Wazir (ambeien)
    6. Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
    7. Diabetes dll.

    BalasHapus
  5. Dear temen-temen,
    Mau sharing buat semua temen2 yang butuh OBAT PALING MUJARAB buat asam urat,
    krna saya ngalamin sendiri, sy juga penderita asam urat.
    dr pengalaman, asam urat ini datangnya kambuhan, peyebab utamanya karna saya suka sekali minum2an dingin, air es, es krim dan ditambah saya suka skali manis2. dan jg makanan lain seperti emping.
    obat yg paling ampuh buat menghindari adalah MINUM AIR PUTIH. atau disebut Terapi Air.. minum air putih sebanyak2nya habis bangun tidur, minimal 500ml/ - 1 liter. tergantung kuat apa engganya ya perut kita. kalo aku minumnya bisa 800 ml/ 4 gelas 200ml. dan lanjutkan terus sepanjang hari.. minimal satu hari 2 liter lah... Dijamin, asam urat, masuk angin, efek samping GA BAKALAN DATENG..
    percaya deh, g dah ngerasain.
    2. Untuk yang tiba2 dateng asam uratnya, jangan tunggu ampe sakit banget. kalo dah ngerasa sedikit nyeri di jempol, lutut, pinggang, atau apa yg kira2 kita bisa tau nih asam urat kambuh. cepetan minum obat ALLUPURINOL.. diapotek banyak dijual. itu obat generik. harga 1 lembar, isi 10 tablet cuma 1500 perak.. tapi ni obat AMPUH ABIS.. minum langsung dua, jangan satu. abis itu tunggu 8 jam..
    rasakan deh Khasiatnya.. pasti berkurang...
    Tapi untuk mencegah agar ga dateng, yg paling penting AIR PUTIH... Percaya deh... I 've been there before, the same like what you guys been said... sama satu lagi.. kalo suka makan2an manis... imbangin ma olahraga ya.. dan terakhir, emping.... jangan deh.. itu emang hebat banget bikin asam urat kamuh.
    sekian dulu.. semoga bermanfaat.... Amin...

    BalasHapus
  6. Setahu saya, daun salam itu mujarab untuk asam urat dan kolestrol, kalau asam urat masih rendah cukup rebus daunnya 12 lembar dgn 2 gelas air hingga mendidih aja jgn sampai tinggal 1 gelas agak panas diminum. tapi kalau sdh akut tinggalkan 1gelas insya allah sembuh. dan teratur diminum seminggu 1 atau 3 kali untuk pencegahan karena saya sudah mencobanya asam urat dan kolestrol normal..

    BalasHapus
  7. Binahong bagi saya adalah tumbuhan yg telah “berjasa” membantu penyembuhan suami saya dari Stoke.

    Setelah terkena serangan Stroke, dan menjalani perawatan “wajib” selama 7 hari (padahal seharusnya ia dirawat 12 hari, tapi berhubung hasil ct-scan terlambat dibaca oleh dokter ia sudah diperbolehkan pulang setelah seminggu dirawat).

    Dari awal terkena serangan hingga dirawat di rumah biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Apalagi bagi kami yang saat itu tidak memiliki penghasilan dan pekerjaan.

    Setiap hari obat yang dibeli mencapai ratusan ribu, belum lagi karena ia mengalami pendarahan di otak suami harus bedrest selama 14 hari. Namun biaya yg besar membuat saya harus memilih pengobatan alternatif yg bisa dibilang harus minim biaya alias gratis.!!!

    Tidak gampang memutuskan semua pengobatan dokter dan beralih ke alternatif yg saya anggap nekad karena keadaan. Lalu saya banyak bertanya pada teman-teman di jejaring sosial, dari sekian jawaban terpilih tumbuhan benrana Binahong, atau Deng San Chi . Tumbuhan yang berasal dari Vietnam ini konon ampuh menyembuhkan beberapa penyakit ; Bengkak, luka -luka, lebam ,darah tinggi, dan stroke !!! (masih ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan)

    Selain karena bisa saya dapatkan di sekitar rumah (maksudnya rumah tetangga :)) ), Binahong berbeda dari tumbuhan alternatif yang hanya mengikuti “Booming” saja. Tumbuhan alternatif yang di jual di toko-toko obat dan toko online selalu menyebutkan sederet penyakit yang bisa disembuhkan lebih dari 20 penyakit, tapi Binahong memiliki kelebihan hanya bisa mengobati beberapa penyakit.

    Akhirnya mulailah saya meracik Binahong dengan cara sederhana ; Ambil 1 genggam daun Binahong (bisa 100 gram) rebus dengan air 4 gelas tambah seujung jari gula jawa lalu rebus hingga tersisa 3 gelas. Berikan 3 x sehari. Entah memang mujarab atau karena sugesti yang saya “tularkan” pada suami (kondisi fisiknya saat itu lumpuh separuh badan, bicara pelat/rero, pendengarannya juga kurang. Tapi puji Tuhan, setelah hampir satu bulan saya beri minuman Binahong ia sudah bisa jalan tanpa diseret, bicara lumayan jelas, bisa makan dan buang air sendiri tanpa bantuan !!!.

    Binahong memang menolong suami dan tentu saja kantong kami, namun tentu saja saya tidak merekomendasikan 100% Binahong untuk anda yg sedang mengalami penyakit yang sama. Namun tidak ada salahnya dicoba, karena tidak ada efek samping asal jangan diminum bersamaan dengan obat resep dokter.

    BalasHapus
  8. Viagra …, Ada Di Tanaman Binahong
    Merupakan khabar gembira bagi kaum pria yang oleh karena gangguan kesehatan mengalami lemah syahwat, atau bahasa kerennya impoten.

    Motto lelaki sehat adalah penisnya tidak lemah, sebab keperkasaan pria itu bukan hanya terletak di ego nya, tetapi juga pada penisnya.

    Meskipun dunia ilmu kesehatan sudah menyediakan si - biru Viagra, kini sudah ditemukan penyembuhan dengan menggunakan tanaman herbal. Hasilnya memang tidak secepat obat asli Viagra, namun kesembuhan secara bertahap.

    Saya sendiri dirumah menanam banyak tanaman herbal Binahong, dan secara kebetulan diberi oleh kerabat dari Indonesia. Tanaman ini tumbuhnya merambat ( lihat foto ), tumbuh subur dan cepat. Dengan nama latinnya Boussingaultia cordifolia, Bousingaultia basselloides, tanaman ini bukan berasal dari Indonesia tetapi dari daratan Tiongkok dan dikenal dengan nama Dheng San Chi.

    Sampai kini belum ada ilmu pengetahuan kesehatan yang menyelidiki secara eksak tentang khasiat tanaman ini, tetapi bagi beberapa negara seperti Thailand, Vietnam, Korea dan Tiongkok, mempergunakan tanaman herbal ini disamping sebagai konsumsi makanan / sayur juga sebagai obat-obatan alternatif

    Saya sendiri dirumah menggunakan sebagai lalapan dengan sambal, atau kalau ada luka-luka memar cukup mengambil beberapa lembar daun Binahong kemudian dilumatkan halus dan ditempelkan pada luka memar. Alhamdulilah cepat membantu juga, belum 2 hari luka memar sudah berubah warnanya dan sakitpun berkurang bahkan hilang

    kalau kebetulan saya lelah dan rasa seperti masuk angin, saya petik beberapa lembar daun Binahong kemudian saya lumatkan atau blender campur air es yang segar dan sedikit limun strop yang manis hem,.. segar rasanya. sebab tak lama rasa masuk angin atau badan lelah jadi segar kembali. Believe or not itu memang terjadi pada saya.

    Saya tulis diatas, ditemukan pada tanaman herbal Binahong ternyata obat yang sejenis dengan Viagra untuk menolong mengembalikan kejantanan pria / penis.

    Oleh karena belum dibuktikan secara eksak dalam ilmu kedokteran dan kesehatan, bahwa benar ada pasien pria yang sembuh keperkasaannya dengan mengkonsumsi tanaman herbal Binahong, saya masih meloloskan logika cara pengobatan alternatif ini sebagai suatu solusi penyembuhan

    Tentu hasilnya tidak bisa dilihat segera dalam beberapa detik, tetapi secara bertahap

    Beberapa rekomendasi dari beberapa teman di Indonesia, dimana mereka mempunyai kerabat atau teman-teman dengan keluhan kelemahan keperkasaan, akhirnya bisa sembuh secara bertahap dengan pemakaian tanaman herbal Binahong, akhirnya mendorong saya juga untuk sedikitnya sharing dalam komunitas ini dalam hal pengobatan alternatif.

    Inilah resepnya untuk mengembalikan kejantanan pria;

    - Bunga Binahong di godok dengan 3 cm kencur ( dari 3 gelas jadi 1 gelas), air rebusan diminum tiap malam bila hendak tidur selama seminggu.

    - Petik bunga Binahong, bila keluar getahnya maka getah ini di poleskan di penis ( saya ingatkan hati-hati dengan cara ini, menurut logika saya bila seseorang tidak tahan akan getah akan terjadi alergi kulit).

    Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah tentang hal ini, zat apa yang ada dalam bunga dan getah dari tanaman herbal Binahong, sehingga bisa mengembalikan lemah syahwat pria. sayang sekali deh yaa

    Sebabnya kita pasti ingin tahu, nutrisi apa yang terkandung didalam getah dan bunga tanaman Binahong. Hingga mampu bekerja seperti Viagra.

    Hanya satu hal yang saya tahu pasti, dari meminum jus blender daun Binahong saja setiap hari menjadikan badan sehat dan bugar. Ini benar, sebab saya sendiri mengalaminya.

    Dalam Wikipedia bisa ditemukan macam-macam informasi cara pemakaian tanaman herbal Binahong ini, baik dari akarnya, batangnya, daunnya dan bijinya.

    Saya hanya menulis bagian kecil saja dari manfaat tanaman herbal Binahong, yg terdapat dalam getah dan bunganya yg berkhasiat setaraf Viagra, untuk menyembuhkan lemah syahwat pria juga kalau lemah syahwat itu dikarenakan diabetus melitus/kencing manis/penyakit gula.

    BalasHapus
  9. bgaimana mndapatkan daun binahong

    BalasHapus
  10. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong
    Dao Riwoe | Minggu, Maret 03, 2013 | 9komentar
    Binahong adalah tanaman yang berasal dari Korea dan sudah dikenal sebagai tanaman obat di negara asalnya semenjak ratusan tahun yang lalu. Di Indonesia sendiri Binahong masih baru-baru ini saja dijadikan sebagai obat alternatif untuk berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan maupun penyakit yang berat.

    khasiat daun binahong

    Di negara Cina tanaman Binahong juga dikenal dengan nama Dheng San Chi. Umumnya masyarakat di Cina juga sudah mengenal tanaman Binahong sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit semenjak ratusan tahun yang lalu.

    Adapun bagian tumbuhan Binahong yang paling sering digunakan sebagai ramuan obat adalah bagian batang, umbi, dan juga daunnya. Tetapi yang paling sering digunakan untuk ramuan obat adalah bagian daun Binahong.

    Kandungan Kimia Binahong

    Kandungan kimia apa saja yang terdapat pada daun Binahong sehingga disebut-sebut dapat menyembuhkan beragam penyakit, baik penyakit ringan dan juga penyakit berat? Penelitian terbaru yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari FMIPA UNY, menemukan bahwa daun Binahong memiliki kandungan antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang cukup tinggi.

    Pengolahan daun Binahong untuk dijadikan obat alami atau obat tradisional biasanya dilakukan dengan cara mencuci daun terlebih dahulu hingga bersih, kemudian daun yang sudah bersih dicampur dengan air. Selanjutnya daun Binahong yang sudah dicampur dengan air diremas-remas kemudian air yang didapatkan disaring dan sudah dapat langsung dikonsumsi.
    Batuk/muntah darah : gunakan 10 lembar daun binahong rebus dalam 2 gelas sisakan 1 gelas, minum tiap hari
    Paru-paru/bolong : 10 daun binahong direbus lalu dikonsumsi secara rutin
    Kencing manis : 11 lembar daun binahong diminum setiap hari
    Sesak nafas : 7 lembar daun binahong diminum setiap hari
    Borok akut(menahun) : 12 lembar daun binahong diminum setiap hari
    Patah tulang : 10-20 lb daun binahong diminum setiap hari
    Darah rendah : 8 lembar daun binahong diminum setiap hari
    Radang ginjal : 7 lembar daun binahong diminum setiap hari
    Gatal-gatal /eksim kulit : 10-15 lb daun binahong diminum setiap hari
    Gegar otak ringan/berat : 10 lembar daun binahong diminum setiap hari.


    BalasHapus
  11. christina enchiz24 Juni 2013 16.58

    Untuk penyakit infeksi saluran kencing bisa tidak ?? Berapa lembar yg dibutuhksn dan bagaimana caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, tetangga saya sudah membuktikannya..

      Hapus
  12. terimakasih infonya tentang daun bimahong untuk mengobati berbagai penyakit seperti ambeien dan lln.

    BalasHapus
  13. sudah saatnya kita memaanfaatkan kasiat dari berbagai bahan herbal, terimakasih infonya .

    BalasHapus
  14. Saya sudah coba minum untuk menambah gairah dan stamina OK

    BalasHapus
  15. Apakah ada daun binahong yang sudah diproses dalam bentuk kemasan, mohon infonya.

    BalasHapus